Asgardia ciptaan Igor Ashurbeyli ilmuwan asal Rusia kini tengah ramai diperbincangkan di berbagai media. Bagaimana tidak, Asgardia diklaim akan menjadi negara pertama yang berdiri di luar angkasa.

Meski baru rancana, pemerintah negara Asgardia telah membuka pendaftaran calon warga negara melalui websitenya. Mereka membolehkan siapa saja warga negara di dunia untuk mendaftar, termasuk warga negara Indonesia.

Berdasarkan informasiyang telah kami rangkum dari laman viva.com, Sabtu (29/07), dari 273.490 penduduk dunia yang lolos menjadi anggota atau warga negara Argadia, 5.182 adalah warga negara Indonesia.

Lima ribuan Argadian dari Indonesia ini berasal dari berbagai wilayah, termasuk Cilacap. Tercatat ada 18 Asgardian dari Cilacap.

Namun menurut Kepala Lapan, Thomas Djamaluddin, Asgardia sulit untuk merealisasikan rencana ini dalam waktu dekat. Alasannya belum ada dukungan teknologi dan legal yang memadai. Dari sisi teknologi, Asgardia masih jauh untuk mewujudkan koloni manusia di luar angkasa.

Asgardia masih mimpi. Kendala terbesar adalah mewujudkan koloni di antariksa, ujar Thomas.