Dengan dukungan fitur kamera yang pasti ada pada setiap smartphone, kini memotret apapun menjadi lebih mudah.

Entah itu untuk keperluan pribadi atau diunggah ke media sosial. Namun sayangnya, hasil jepretan kamera smartphone tidak setajam jepretan kamera digital.

Jangan khawatir, dengan mengikuti tips yang telah kami rangkum dari laman liputan6.com, Sabtu (29/07), hasil jepretan smartphone akan tajam seperti kamera digital.

  1. Gunakan Monopod atau Tripod

Dengan menggunakan monopod atau tripod hasil jepretan akan lebih fokus dan tajam. Karena smartphone akan tetap stabil pada posisinya ketika mengambil gambar.

  1. Perhatikan Cahaya Sekitar Objek

Pencahayaan adalah unsur penting ketika kita memotret. Komposisi yang baik akan menghasilkan gambar yang baik pula. Ketika pencahayaan kurang, maka hasil jepretan akan terlihat berbintik (noise) dan pecah. Apabila pencahayaan terlalu terang, maka hasilnya over-exposured.

  1. Gunakan Rule of Third

Fungsinya adalah untuk menentukan titik horizontal dan vertikal, serta menentukan titik menarik objek.

  1. Gunakan Mode HDR

Mengaktifkan mode HDR (High Dynamic Range) dapat menghasilkan gambar yang lebih tajam. Namun ukuran file foto menggunakan mode HDR lebih besar dibanding file foto biasa.

  1. Gunakan Filter

Gunakanlah filter untuk mempertajam kesan cerita dari foto tersebut. Kita bisa menggunakan filter kebiruan untuk kesan kalem dan kecoklatan untuk kesan elegan.