Tindakan Bully kini marak diperbincangkan di media-media Idonesia, dan ternyata membully bahkan tidak hanya dilakukan secara langsung melainkan melalui internet atau media sosial yang dimiliki masyarakat luas.

Orang-orang menyebutnya dengan nama cyberbullying. Meski bullying ini hanya dilakukan melalui dunia maya, namun dampaknya tidak jauh berbeda dengan membully di dunia nyata, terutama terhadap psikologis korban.

Cyberbullying ini berupa ejekan yang dilontarkan di kolom kometar yang ada di media sosial. Selain itu yang lebih miris, pelaku meretas akun korban dan memposting konten yang tidak sesuai.

Lalu kita sebagai pemilik akun media sosial tersebut tentu harus melawan cyberbullying ini agar kehidupan tenang, baik di dunia nyata maupun dunia maya.

Berikut adalah cara yang dapat kita lakukan untuk melawan cyberbullying yang kami rangkum dari liputan6.com, Rabu (26/07).

  1. Jangan Respon

Kamu tidak perlu merespon komentar yang bersifat intimidasi, ejekan, cacian, dan celaan. Jika kamu memberikan respon, justru si pembully tidak akan merasa puas dengan hal tersebut dan justru akan memancing dia untuk terus membully.

  1. Jangan Balas Dendam

Hal yang perlu kamu lakukan berikutnya adalah jangan balas dendam. Ya, cara ini adalah hal yang harus kamu lakukan, intinya sabar dan jangan tersulut emosi untuk membalas apa yang dilakukan oleh pembully kepada kamu. Masuk kuping kanan, keluar kuping kiri, ini yang harus kamu lakukan.

  1. Simpan Bukti Cyberbullying

Jika kamu menjadi salah satu korban cyberbullying, yang dapat kalian lakukan adalah meng-capture bukti bullying untuk dilaporkan kepada pihak yang berwajib.